BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Kamis, 05 Februari 2009

DEFINISI DAN FUNGSI EMAI

Surat elektronik (disingkat surel atau surat-e) atau dalam bahasa inggris “e-mail atau email” (juga: posel atau pos elektronik dan imel) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. Dengan surat biasa seseorang perlu membeli perangko sebagai biaya pengiriman, tetapi surat elektronik tidak perlu memakai biaya untuk mengirim. Biaya yang dikeluarkan hanyalah biaya untuk membayar koneksi internet. Surat elektronik sudah mulai dipakai di tahun 1960-an. Pada saat itu internet belum terbentuk, yang ada hanyalah kumpulan mainframe yang terbentuk sebagai jaringan. Mulai tahun 1980-an, surat elektronik sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Sekarang ini banyak perusahaan pos di berbagai Negara menurun penghasilannya disebabkan masyarakat sudah tidak memakai jasa pos lagi.
Surat elektronik banyak digunakan karena alas an mudah dalam pengiriman dan cepat dalam penyampaiannya. Surat elektronik tidak memerlukan kertas ataupun perangko. Pamakai cukup mengetik melalui keyboard dan dalam hitungan detik setelah dikirimkan, surat akan sampai ke tujuan meskipun jarak antara pengirim dan penerima mencapai ribuan kilometer.
Sesuai dengan namanya, email dikirim secara elektronik. Hal ini menyebabkan email yang kita kirim dapat dicopy dengan mudah sehingga kita dapat mengirimkan file-file yang berupa dokumen atau teks bahkan gambar yang dapat diterima oleh computer lain dengan jalur yang terhubung dalam internet.

Sumber: LKS TIK Kls XI

0 komentar: