BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS

Selasa, 13 Januari 2009

TIPS MERAWAT KOMPONEN HARDWARE LAPTOP

Perangkat keras laptop sangat riskan rusak loh, karena itu diperlukan maintenance alias perawatan yang baik pada laptop/notebook. Berikut ini saya sajikan beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan demi menjaga notebook dari kerusakan fatal.

Perawatan Hardware secara umum pada Laptop/ Notebook
  1. Jika anda terbiasa menggunakan notebook dalam waktu lama, minimal 5 jam sehari, disarankan untuk memakai pendngin tambahan di bawah notebook anda, sering disebut cooling pad. Seperti halnya fan pada PC, pendingin notebook juga akan mengurangi panas yang ditimbulkan oleh prosesor, VGA card, dan chipset pada notebook anda. Jika panas notebook terjaga, hal itu dapat membuat notebook menjadi lebih awet dari yang umumnya umur notebook (sekitar 3 tahun).
  2. Selalu bersihkan notebook anda dari debu, terutama pada bagian layarnya, dengan menggunakan minyak kayu putih atau sanpoli. Pada saat anda membersihkan layar pastikan notebook anda dalam keadaan mati. Bersihkan perlahan-lahan menggunakan tisu dan jangan ditekan keras-keras. Penekanan akan membuat piksel-piksel pada LCD menjadi lemah. Pastikan cairan pembersih tidak masuk ke sela-sela layar karena dapat merusak LCD anda.
  3. Merawat Keyboard dengan cara membersihkan debu di sela-sela keyboard (gunakan kuas kecil) secara perlahan-lahan.
  4. Menggunakan tas khusus untuk notebook. Tas notebook memilki busa yang dapat melindungi notebook dari guncangan. Notebook sangat sensitive, maka anda harus hati-hati jika membawanya. Jika anda sering bepergian, lebih aman jika notebook diletakkan disela-sela pakaian(merdam guncangan)
  5. Jangan memberikan beban yang berat seperti buku tebal diatas laptop karena dapat mengakibatkan LCD bergaris.
  6. Jauhkan notebook dari trafo berkapasitas tinggi, motor elektrik, dan medan magnet yang lainnya seperti handphone. Alat-alat tersebut dapat merusak kinerja notebook anda.
Perawatan baterai pada laptop / notebook
Berikut ini cara merawat baterai supaya awet dan tidak cepat droo.
  1. Pengisian baterai : Pada waktu membeli notebook pertama kali, anda harus mengisi baterai sampai penuh sebelum menggunakannya.Jangan sampai baterai benar-benar kosong. Segera isi kembali jika telah lowbet.Jangan mengisi atau menggunakan baterai dalam waktu yang lama, baterai akan meluruh secara perlahan-lahan.
  2. Pembersihan pada baterai terminal : Lepaskan baterai pada saat notebook tidak digunakan, posisi off.
  3. Jangan membuat baterai terlalu panas jika penggunaanya bersama-sama dengan AC adaptor, karena dapat menyebabkan excess energy yang mengurangi kapasitas pada baterai.
  4. Agar baterai pack di notebook anda bertahan lama, langkah sederhana yang dapat anda lakukan adalah jika anda menggunakan notebook pada area yang ada supply listriknya, lepas baterai anda dari notebook dan gunakan dengan menghubungkan adaptor langsung ke listrik. Apabila baterai terus terpasang di notebook dan adaptor terpasang ke listrik, baterai akan terisi terus. Jika kapasitas baterai sudah 100%, charging akan membuat cell baterai panas dan rusak.
Dikutip dari : http://www.infogue.com

0 komentar: